Peluang Ekspor Arang Ke Kuwait Sangat Besar, Ini Jenis Arang Yang Disukai

Peluang Ekspor Arang Ke Kuwait Sangat Besar, Ini Jenis Arang Yang Disukai

Hasil analisis menunjukkan produk arang yang dihasilkan secara umum memenuhi standar persyaratan Standar Nasional Indonesia . “Ketika negara lain kesulitan memenuhi permintaan, ini jadi kesempatan untuk Indonesia menggantikan dan PPI mengambil peluang ini. Dalam jangka panjang prospeknya positif meskipun banyak tantangan yang harus diatasi,” jelasnya. Menurut Fasika, ini bukan kali pertama PPI mengekspor coconut charcoal. Sebelum pandemi, PPI juga mengekspor 600 ton coconut charcoal ke Sri Lanka dengan spesifikasi khusus.

Menurut Kang Jimat dirinya mendukung penuh upaya para pengrajin arang Subang untuk menjadikan arang Subang sebagai komoditas unggulan di tingkat dunia. Sebagai wujud nyata atas dukungan tersebut Kang Jimat telah menyiapkan anggaran tahun ini untuk pembangunan 50 tungku arang di desa-desa yang berada di pangkuan hutan. “Kami bangun tungku-tungku arang karena menjanjikan, sehingga limbah-limbah akar pohon bisa dimanfaatkan penduduk untuk produksi arang” ujar Kang Jimat. Sebelumnya pada September 2020, UMKM binaan BUMN industri bahan peledak tersebut mengekspor 20 ton arang ke Arab Saudi. Permintaan pun kembali dilakukan oleh pihak Arab Saudi dengan jumlah yang meningkat seratus persen yakni forty ton arang.

Untuk itu, imbuh Kasdi, Kementan tetap konsisten menggenjot produksi dan ekspor produk turunan kelapa, khususnya arang kelapa , meski dunia tengah dilanda pandemi coronavirus disease 2019 (Covid-19). Terkini, KJRI Istanbul menyambut baik pendirian perusahaan distribusi asal Indonesia di Istanbul yang bergerak di bidang penyaluran briket arang kelapa. Dimana pada 2020 (Januari – Oktober) nilai perdagangan kedua negara mencapai USD1,070 miliar dengan surplus untuk Indonesia sebesar USD632,sixty six juta.

Menurut sejumlah negara, briket arang yang berasal dari Indonesia merupakan produksi terbaik di dunia. [newline]Selain Turki briket arang ini juga sudah banyak permintaan untuk dikirim ke Bosnia, Albania, Rusia, Perancis dan Amerika Serikat. Sejak 2018, perusahaan Al Jahili mengimpor arang kayu dari dua eksportir Indonesia dari Jawa Timur dan Jakarta. Normalnya kebutuhan impor mencapai lima kontainer setiap bulannya.

Kebutuhan arang kelapa atau brisket menurut Dirjen Perkebunan Kementan juga sangat prospektif dan berpotensi dapat memperluas pasar. “Pihak transport tidak mau mengangkut produksi tersebut dengan alasan yang tidak jelas. Sehingga terdapat penumpukan produk briket di pergudangan pabrik masing-masing, sehingga berakibat perputaran uang sangat sulit,” ujarnya. Perusahaan dan badan usaha inilah yang juga turut memengaruhi permintaan dan penawaran. Makanya jangan heran ketika saat momen liburan tiba, harga tiket pesawat atau kereta api bisa melonjak.

Ekspor arang

Pada diagram analisis SWOT diketahui posisi strategis terletak pada kuadran I yaitu pertumbuhan/agresive . Maksudnya adalah strategi pemasaran produk kehutanan kayu arang di Kalimantan Selatan untuk tujuan ekspor mempunyai kekuatan inside yang besar dan berpeluang baik. Berdasarkan matrik SWOT, strategi yang disarankan adalah pengembangan pasar , pengembangan produk , penetrasi pasar serta integrasi ke belakang .

Duta Besar Indonesia untuk Kuwait, Tri Tharyat menyampaikan kegiatan ekspor arang kayu ke Kuwait menjadi bukti perluasan komoditi ekspor non-migas Indonesia ke pasar Timur Tengah. “Sampai saat ini, produk briket dunia terutama untuk BBQ masih dikuasai arang kayu. Negara-negara maju sebagai konsumen terbesar produk ini sadar betul berapa besar kerusakan hutan atau pohon yang ditebang untuk keperluan arang briket,” jelasnya.

Comments are closed.