Lima Karakter Yang Harus Dimiliki Seorang Wirausahawan

Lima Karakter Yang Harus Dimiliki Seorang Wirausahawan

Maka dari itu dibutuhkan sikap yang berani mengambil resiko namun juga cermat dalam menjalankan usahanya. Secara statistik hampir seluruh kegagalan bisnis kecil dan menengah disebabkan karena tidak adanya atau kurang efektifnya perencanaan bisnis yang anda buat. Asumsi-asumsi seperti kapasitas produksi, tingkat utilisasi produksi, proyeksi kenaikan harga dan biaya dan aspek lainnya dalam perencanaan bisnis haruslah menggambarkan secara akurat realitas pasar atau praktek yang ada dalam suatu industri. Pemahaman yang baik atas hal ini juga akan membantu calon entrepreneur untuk dapat mengindentifikasi potensi resiko bisnis, manajemen dan keuangan dan membuat langkah-langkah pengendalian untuk dapat menghindari setiap resiko tersebut. Atau definisi secara sempitnya adalah orang-orang yang dapat membuka usaha atau lapangan pekerjaan untuk mendapatkan keuntungan. Dalam dunia Entrepreneurship, seorang wirausahawan harus mempunyai sifat dan sikap yang dapat menjadikan seseorang tersebut dapat menjalankan dan mempertahankan bisnisnya.

Karakter bangsa Indonesia haruslah berdasarkan nilai-nilai Pancasila, norma UUD 1945, keberagaman dengan prinsip Bhinneka Tunggal Ika, dan komitmen terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal ini karena kartel dapat merubah struktur pasar menjadi monopolistik. Kartel juga dapat berupa pembagian wilayah pemasaran maupun pembatasan barang atau jasa. Dalam keadaan perekonomian yang sedang baik kartel dengan mudah terbentuk, sedangkan kartel akan terpecah kalau keadaan ekonomi sedang mengalami resesi. Selain kartel juga akan mudah terbentuk apabila barang yang diperdagangkan adalah barang massal yang sifatnya homogen sehingga dengan mudah dapat disubstitusikan dengan barang sejenis dengan struktur pasar tetap dipertahankan.

Sikap yang diperlukan untuk menjalankan usaha

Penting untuk memiliki kemampuan mengendalikan dan mengatasi rasa jenuh tersebut agar bisnis Anda tidak tehambat. Jakarta – Saat ini banyak pengusaha–pengusaha yang menekuni dunia bisnis. Setelahnya, distributor membantu menyalurkan barang hasil produksi pada konsumen. Dalam kegiatan ekonomi, kita perlu saling menghargai kegiatan usaha ekonomi yang dilakukan orang lain. Setiap kegiatan ekonomi memiliki tujuan agar masyarakat bisa memenuhi kebutuhan hidupnya.

Kecerdasan akal merupakan karunia Allah dan modal untuk meraih tujuan dan cita-cita. Perlu adanya kerjasama atau koordinasi yang serasi antara pemerintah dengan dunia usaha untuk menginventarisir berbagai isu-isu mutakhir yang terkait dengan perkembangan usaha. Setelah deregulasi perbankan pada 1988, kredit UKM dengan bunga bersubsidi secara berangsur dihentikan, diganti dengan kredit financial institution komersial. Selain itu, donor internasional juga menyusun kredit program investasi bagi UKM dalam mata uang rupiah. Selain itu, NPWP sebagai prasyarat pengajuan kredit di Perbankan juga telah dihapuskan, dimana hal ini memberikan peluang dan kesempatan yang lebih besar bagi kita untuk mengakses modal dari sisi perbankan. Sesungguhnya pemerintah telah banyak mengeluarkan kebijakan untuk pemberdayaan UKM, terutama lewat kredit bersubsidi dan bantuan teknis.

Para pebisnis yang memiliki leadershiptentunya mau terlibat dalam proses bisnis yang berkaitan dengan perbaikan dan penyelesaian masalah. Selain itu juga tetap mampu mendorong semua bagian dalam bisnis untuk tetap bersemangat dalam menyelesaikan tugasnya. Justru sikap untuk selalu bersyukur atas rezeki dan kelancaran usaha yang diberikan tuhan akan menambahkan semangat serta kebahagiaan dalam menjalankan usaha. Itulah pentingnya karakteristik kewirausahaan yang harus dimiliki oleh para pelaku usaha atau bisnis tertentu. Dengan menerapkan karakter yang tepat kamu bisa memiliki bisnis yang berkembang pesat dan terus mengalami kemajuan. Sifat ini sangat membantu kamu untuk dapat mengembangkan kemampuan pribadi kamu terlebih untuk usaha kamu.

Asas kesatuan dan persatuan selaras dengan kenyataan bahwa Indonesia memiliki keanekaragaman. Semangat persatuan Indonesia menentang segala bentuk separatisme dan memberikan tempat pada kemajemukan. Pada Sila keempat menyatakan bahwa kerakyatan dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan. Pernyataan ini secara eksplisit telah mengamatkan kepada bangsa Indonesia agar mengedepankan musyawarah. Dalam melaksanakan amanat tersebut, lembaga permusyawaratan dihidupkan pada semua jenjang/strata sosial dan negara. Lembaga permusyawaratan diberi wewenang untuk merumuskan hukum yang terbaik bagi komunitasnya dan penerapannya dalam bermusyawarah harus senantiasa memperhatikan prinsip-prinsip dan etika yang tercakup dalam Pancasila.

Dengan Anda sering berkomunikasi dengan karyawan Anda, maka akan lebih mempermudah karyawan Anda untuk mengerti akan maksud dan tujuan yang Anda berikan. Apa pun pekerjaan kita, entah dokter, akuntan, ahli hukum, semuanya bentuk aktualisasi diri. Meski kadang membuat kita lelah, bekerja tetap merupakan cara terbaik untuk mengembangkan potensi diri dan membuat kita merasa “ada”.

Comments are closed.