Kiat Sukses Melatih Kedisiplinan Siswa Tanpa Memberi Hukuman

Kiat Sukses Melatih Kedisiplinan Siswa Tanpa Memberi Hukuman

Menegur perbuatan negatif anak juga menunjukkan nilai positif yang dapat ditanamkan kepada anak. Thema tersebut mengingatkan kita bahwa pendidikan bukan hanya untuk menyelesaiakan atau menjawab persoalan persoalan yang sifatnya teknis dan bersifat kekinian semata, melainkan lebih jauh dari itu, yaitu bahwa pendidikan pada hakikatnya adalah upaya memanusiakan manusia untuk membangun peradaban yang lebih unggul. Pertama terkait dengan akses untuk mendapatkan akses layanan pendidikan. Akses tersebut dipengaruhi oleh factor ketersediaan dan keterjangkauan. Kedua terkait akses kualitas yang dipengaruhi oleh tiga hal yaitu ketersediaan dan kualitas guru, kurikulum, dan sarana prasarana. Demikian uraian inti sari sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam Peringatan Hari Pendidikan Nasional di Jakarta.

Oleh sebab itu, orang tua harus memberikan pemahaman kepada sang anak untuk berlaku jujur, amanat, menepati janji, lemah lembut, dan santun. Membentuk OSIS SMAN 2 Serang menjadi organisasi yang memiliki kualitas tinggi dan bisa mengharumkan nama sekolah. Sekolah Bina Harapan merupakan sekolah yang terdiri dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas dalam satu lingkungan. [newline]Visi dan misi yang dibuat lebih umum dan bisa mencakup pendidikan berbagai usia. Huda mengatakan, dalam waktu dekat Komisi X DPR akan memanggil pihak Kemendikbudristek untuk memberikan penjelasan terkait protes dari ribuan guru honorer atas pelaksanaan PPPK. Dia berharap ada solusi terkait keberatan para guru honorer senior atas tingginya passing grade dalam ujian kompetensi teknis. Namun dengan berbagai alasan Kemendikbudristek juga Kemenpan RB menolak aspirasi tersebut.

Mendidik junior, dan anak didik menjadi pribadi yuang lebih baik

Guru yang memiliki tujuan untuk mencerdaskan peserta didiknya tanpa memprioritaskan materi semata. Selain guru yang ikhlas, guru yang berkepribadian jujur juga sangat menentukan keberhasilan suatu pendidikan. Tanpa kepribadian yang mulia guru tidak akan dihargai terlebih dimuliakan oleh peserta didik, karena peserta didik cenderung menirukan apa yang dilakukan guru. Guru harus mampu memainkan peran sebagai spesialis hubungan masyarakat, terutama dalam bekerja sama dengan orang tua siswa dan komite sekolah.

Namun di Kabupaten Indragiri Hulu, masalah pembinaan kompetensi guru belum berjalan seperti apa yang diharap- kan. Dari observasi di lapangan ditemukan pengawas dan kepala sekolah yang kurang menjalankan fungsi pembinaan, hal ini tampak dari frekuensi kehadiran pengawas dan kepala sekolah dalam melaksanakan tugas pembinaan, manajemen pendidikan yang kurang tepat, guru mengajar bukan bidang studi yang diampu. Contoh lainnya, para guru datang terlambat dan pulang lebih cepat, kurangnya gairah dan motivasi kerja, dalam menyelesaikan tugasnya tidak tepat waktu, banyak guru yang belum melengkapi berbagai kompetensi yang dituntut sehingga menyebabkan rendah- nya kualitas pendidikan. Izin menanggapi pak, jika posisi guru baru itu adalah saya, pastinya saya juga akan merasakan hal yang sama, panik dan bingung. Yang perlu saya lakukan adalah menenangkan diri terlebih dahulu, dan yakin dengan kemampuan saya bahwa saya bisa mengajar dan mendidik dengan baik tentunya dengan proses yang dilakukan secara perlahan.

Diantaranya, belajar kebersamaan, kekeluargaan, kekompakan dan solidaritas. “Di sini saya juga belajar untuk bersosialisasi, bagaimana bekerja dalam tim serta belajar bertanggung jawab dalam suatu hal. Tanggapi segera dengan melepaskan atau memisahkan anak-anak dari satu sama lain. Mendidik diri sendiri tentang bullying dan kekerasan antar sebaya dengan membaca dan berbagi konten informasi dengan sesama rekan guru. Menghargai dan mengenali segala perubahan perilaku yang positif, termasuk mengakui kesalahan.

Peran orang tua sangat penting dalam mendampingi remaja, ketika menghadapi masa-masa sulit dalam mengambil keputusan bagi dirinya. Orang tua dapat memberikan gambaran dan pertimbangan nilai yang positif dan negatif , sehingga mereka mampu belajar mengambil keputusan terbaik. Selain itu orang tua juga perlu memiliki kesabaran tinggi serta kesiapan mental yang kuat menghadapi segala tingkah laku mereka, terlebih lagi seandainya remaja sudah melakukan hal yang tidak diinginkan. Sebagai konselor, orang tua dituntut untuk tidak menghakimi, tetapi dengan jiwa besar justru harus merangkul remaja yang bermasalah tersebut. Pembinaan Kompetensi sosialguru yang dilakukan merupakan pembinaan yang penting karena guru ditempatkan pada posisi tertinggi dan termulia dalam berbagai tingkat pekerjaan masyarakat. Guru mengemban dua misi sekaligus, yaitu tugas keagamaan dan tugas sosialpolitik.

Kadangkala anak tidak menemukan kesesuaian apa yang ia peroleh dalam pembelajaran dengan sikap perilaku orang tuanya. Semakin banyak ketidaksesuaian yang ia peroleh akan membuat anak enggan untuk mendengarkan orang tuanya. Jika saya menemukan problema yang lebih kompleks seperti masalah psikologis yang tidak dapat diselesaikan dengan bimbingan konseling, saya akan menemani anak tersebut untuk berkonsultasi ke profesional dengan kesepakatan orang tua. Memberikan pembelajaran terhadap anak yang aktif harus secara perlahan dan menggunakan metode yang tepat. Mereka akan menolak dan tidak akan mampu menyerap pembelajaran jika metode yang dilakukan tidak tepat dan sangat memaksa.

Comments are closed.