Ketegasan Pemimpinpemimpin Mestilah Tegas ! Ketegasan  Adalah Sesuatu Keputusan Yang Harus Diambil Secara Cepat Dan Jelas Dalam Situasi Yang Tidak Mengambang Dan Be

Ketegasan Pemimpinpemimpin Mestilah Tegas ! Ketegasan  Adalah Sesuatu Keputusan Yang Harus Diambil Secara Cepat Dan Jelas Dalam Situasi Yang Tidak Mengambang Dan Be

Pemimpin-pemimpin karismatik ini tidak hanya pemimpin formal, tetapi juga pemimpin informal seperti tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat lainnya yang mempunyai karisma di depan pendukungnya. Dalam sistem demokrasi, pemimpin itu tidak dilahirkan secara biologis melainkan ditempa secara ideologis. Artinya, seorang pemimpin berkembang dan dibentuk dari foundation latar belakang sosial budaya dalam suatu masyarakat. Dengan kata lain, kondisi lingkungannyalah yang membentuk karakter kepemimpinan dalam sebuah masyarakat.

Tidak memperhatikan pendapat sekitar atau gaya manajemen otokratik yang tidak efektif. Sehingga seorang pemimpin best harus cerdas dalam menentukan strategi terbaik untuk memberikan hasil sesuai ekspetasi. Sebagai seorang pemimpin, Anda harus bisa mengatur diri sendiri dengan baik.

Seringkali, pemimpin cenderung berputar-putar dalam menyampaikan suatu berita buruk. Namun, hal tersebut memicu terjadinya kesalahpahaman yang menghambat komunikasi. Maka dari itu, untuk menjaga integritas dan memastikan bahwa komunikasi berjalan dengan baik, seorang pemimpin seharusnya menyampaikan maksudnya secara langsung dan jelas. Dengan begitu, solusi yang tepat untuk suatu permasalahan pun akan tercapai. Komitmen pemimpin akan pekerjaan dan amanah yang diberikan kepada seorang pemimpin.

memiliki sebuah sikap kepemimpinan

Pemikir besar sosiologi klasik, Max Weber, mengatakan bahwa authority adalah kekuasaan yang legitimit yang bisa digunakan seseorang untuk memerintah orang lain. Weber membagi kekuasaan ini menjadi tiga yakni otoritas tradisional, otoritas kharismatik, dan otoritas legal-rasional. Tidak jarang, banyak pemimpin perusahaan yang mengalami kerugian karena tindakan-tindakan negatif yang dilakukannya. Tentu saja hal tersebut akan berakibat pada nama baik perusahaan itu sendiri. Jika sudah begitu, akan sulit sekali untuk mengembalikan nama baik perusahaan seperti semula.

Nilai-nilai kepemimpinan menjadi asset penting bagi bangsa Indonesia untuk mendapatkan figur-figur pemimpin yang best kelak kemudian hari. Oleh karena itu, sangat penting untuk menanamkan nilai-nilai kepemimpinan itu kepada generasi muda sebagai generasi penerus bangsa. Belakangan ini, terjadi krisis kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap para pemimpin mereka. Banyak pemimpin yang terkena kasus-kasus yang tampaknya merupakan hal yang kurang pantas dilakukan oleh seorang pemimpin. Selain itu, yang menjadi alasan adalah banyak pemimpin yang tidak setia pada janji mereka ketika masih berstatus sebagai calon pemimpin atau ketika berkampanye.

Nilai-nilai tersebut merupakan pegangan dari si pemimpin dalam bertindak. Intergritas ini akan semakin kokoh jika si pemimpin memiliki konsistensi antara apa yang diucapkan dengan apa yang dilakukan dan memiliki komitmen terhadapnya. Bila tidak memiliki integritas, kita akan kehilangan kredibilitas karena orang lain akan menjauhi kita untuk menghindari kekecewaan. Pemimpin dapat bersifat laksana Bintang , yang merupakan petunjuk bagi mereka yang kehilangan arah, bintang bersifat sebagai pedoman bagi manusia yang memerlukannya. Begitu juga dengan pemimpin hendaknya tingkah laku dan perbuatannya patut diteladani, dapat dijadikan arah bagi tujuan individu, kelompok maupun organisasi. Cara pertama yang harus dilakukan adalah dengan menciptakan sebuah komunikasi yang bersifat terbuka bersama seluruh karyawan.

Pemimpin memberi janji dan imbalan untuk kinerja yang baik atau ancaman dan hukuman untuk kinerja yang buruk kepada bawahan. Pada kepemimpinan transformasional, hubungan antara pemimpin dan bawahan lebih condong pada timbal balik dan berdasarkan pada kepercayaan. Pemimpin meluaskan dan mengangkat minat bawahan dengan memberikan motivasi dan perhatian yang tinggi dan juga dengan membangkitkan kesadaran bagi bawahan.

Comments are closed.