Indonesia Sejarah Masa Penjajahan Belanda

Indonesia Sejarah Masa Penjajahan Belanda

Dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab kepemimpinan, kualitas ini sangat penting untuk dimiliki oleh seorang pemimpin. Tidak menggunakan hak milik untuk hal-hal yang bersifat pemborosan dan gaya hidup mewah. Jika anda ingin menjadi seorang GM yang sukses, maka anda harus mampu membuat hubungan yang baik dengan para karyawan dan terus memotivasi mereka untuk melakukan yang terbaik dalam pekerjaan mereka. Untuk menjadi seorang GM yang sukses, maka anda perlu menguasai kemampuan dalam menganalisa dan menempatkan karyawan sesuai dengan bidang yang dikuasai. Penjahah Belanda cukup kuat untuk mencegah nasionalisme Indonesia dengan cara menangkap para pemimpinnya dan menekan organisasi-organisasi nasionalis.

Itulah karakter yang harus Anda tahu dan Anda terapkan ketika Anda menjadi seorang pemimpin. Pemimpin adalah kunci sebuah keberhasilan setiap karyawan, dengan tidak adanya pemimpin, maka setiap visi dan misi yang akan dilakukan itu semua tidak akan terlaksana dengan baik tanpa adanya arahan yang diberikan oleh pemimpin. Leadership bukan hanya tentang menguntungan sebuah kelompok atau perusahaan.

Seorang dengan kelas top supervisor sekalipun pasti akan melakukan kesalahan, dan memang hal ini wajar saja mengingat banyaknya hal yang harus dipikirkan serta sifat alami manusia untuk melakukan kesalahan-kesalahan. Jangan menjadi seorang “mikro manajer” yang melakukan semua pekerjaan sendirian untuk mencapai hasil “sempurna”. Berdasarkan studi yang dilakukan olehLembaga Pelatihan Dale Carnegie, kurang dari 20% karyawan saja yang benar-benar merasa termotivasi untuk melakukan pekerjaan mereka. Jadi, sangat perlu untuk berkeliling melihat-lihat kondisi lodge, membantu bagian front workplace dalam melayani tamu, mengarahkan dan memotivasi pegawai, melakukan inspeksi kebersihan kamar, serta berinteraksi dengan para tamu. Dengan semakin banyak rapat yang harus dihadiri, surel yang harus dibalas, dan berbagai tugas administrasi yang harus dijalankan, sangat mudah bagi seorang GM untuk “terpenjara” di ruang kerjanya sendiri. Hotelier yang sukses harus bisa memberdayakan karyawan dan dirinya sendiri untuk mencapai target-target yang telah direncanakan.

Pengarahan merupakan kunci dari apa yang dilakukan para bawahan dalam menjalankan tugas dari pemimpin. Pemimpin harus menggunakan istilah yang jelas, instruksi yang tepat, dan tidak berbelit-belit, serta penggunaan kata yang mudah dipahami bawahannya. Dalam suatu permasalah, pemimpin juga memerlukan pandangan-pandangan atau masukan dari orang lain. Masukan tersebut dapat menjadi referensi pemimpin dalam menemukan solusi suatu permasalahan atau memutuskan sesuatu.

Selaku anggota masyarakat tidak boleh mengisolasi diri dari pergaulan masyarakat. Menyesuaikan kehidupan rumah tangga dengan keadaan dan pandangan masyarakat. Harus memelihara kerja sama dan hubungan yang baik dengan instansi-instansi lain.

Suatu negara dengan ideologi yang dianutnya pada dasarnya akan mempengaruhi kehidupan masyarakat di negara tersebut, termasuk dalam hal penerapan hak-hak asasi masyarakatnya. Negara-negara Barat, seperti Amerika, dengan paham Liberalismenya memungkinkan masyarakatnya untuk melakukan segala sesuatu dengan sebebas-bebasnya, sedangkan peran pemerintah sangat kecil dalam mengatur kehidupan bermasyarakat. Kami terus berkomitmen tinggi untuk senantiasa mengembangkan perusahaan kami berikut sumber daya manusianya. Keterikatan kepada apapun selain Allah Subhanahu Wa Ta’ala adalah proses batin dan perilaku yang harus dilatih bersama keterlibatan kita di dalam urusan sehari-hari yang bersifat duniawi.

Meskipun pada dasarnya penulis juga setuju bahwa karakteristik kepemimpinan transaksional perlu juga dimiliki oleh seorang pemimpin, seperti misalnya memberi imbalan pada orang lain ketika mereka menyelesaikan pekerjaan dengan baik, tetapi bagi penulis hal tersebut tidak cukup. Penulis lebih suka melihat orang lain sebagai kolega atau teman sejawat dan berusaha membangun hubungan kebersamaan di antara mereka. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa perempuan cenderung untuk lebih transformasional dibandingkan laki-laki.

memiliki sebuah sikap kepemimpinan

Menjadi pemimpin yang baik di sebuah perusahaan bukanlah sesuatu yang mudah. Ada banyak rintangan serta tantangan yang harus mampu diatasi oleh seorang pemimpin. Dengan mempelajari ideas dan trik seperti yang telah dijelaskan di atas, Anda tentu akan lebih mudah dalam mengupayakan menjadi pemimpin yang baik yang disukai oleh bawahan. Apabila ada karyawan yang bisa mencapai goal yang sudah ditentukan atau sukses dengan menyelesaikan pekerjaannya, maka sikap pemimpin yang baik adalah mengapresiasinya. Dengan adanya apresiasi dari pemimpin, maka seorang karyawan akan merasa dihargai dan akan lebih bersemangat dalam bekerja.

Pemimpin bertanggung jawab untuk memberi contoh sikap baik dengan berdasarkan etika seorang pemimpin serta menjadi agen perubahan. Pemimpin mengerti bahwa apa dilakukannya akan ditiru dan diperbesarnya oleh orang yang dipimpinnya, dan karenanya mereka harus mengenakan standar yang tinggi pada dirinya. Menjadi pemimpin adalah menjadi orang yang bisa jadi panutan, baik dalam kinerja maupun integritas.

Pemimpin yang etis punya pengaruh positif bagi orang-orang yang dipimpinnya. Dengan mendorong sikap dan tindakan berdasarkan nilai-nilai ethical yang sama, pemimpin akan menjadi teladan dalam menciptakan lingkungan kerja yang beretika dan membangun reputasi organisasi yang kuat. Perlu Anda sadari bahwa mengembangkan kedisiplinan di kehidupan personal maupun profesional Anda merupakan harga mati yang harus Anda penuhi agar bisa menjadi seorang pemimpin yang efektif. Tak hanya itu, dengan menjadi terbiasa disiplin maka Anda akan menginspirasi yang lain.

Comments are closed.