Indonesia Ekspor Briket Arang Balok Ke Hong Kong Dan Irak

Indonesia Ekspor Briket Arang Balok Ke Hong Kong Dan Irak

Sehingga kedepan, potensi Coconut Charcoal ini dapat menjadi produk substitusi dari arang kayu yang dimana tidak merusak alam dan aman lingkungan,” kata Kasdi. Selain Turki, Kaya Sinerji juga sudah menerima permintaan produk briket arang kelapa untuk dikirim ke Bosnia, Albania, Rusia, Prancis dan Amerika Serikat. Dewi menjelaskan, produk dari CV Mandiri Persada ini menggunakan bahan baku batok kelapa dan arang bambu alami yang ramah lingkungan untuk kebutuhan bahan bakar domestik. Mulai dari memasak, pemanggangan, pengasapan pipa air, serta kebutuhan sisha, hookah, dan argileh. SEMARANG – Ekspor arang kelapa dan sabut kelapa Indonesia sangat prospektif untuk ditingkatkan.

Ekspor arang

Ahui membantah jika kayu arang tersebut hasil dari pembalakan liar hutan bakau di Batam. Ia merasa tidak ada pelanggaran yang dilakukan dengan rencana ekspor arang ke Singapura tersebut. Sebagai upaya untuk berkontribusi, Efiyanti, dkk tim peneliti pada Pusat Litbang Hasil Hutan melakukan penelitian menggali informasi mengenai komponen kimia, zat ekstraktif dan karakteristik arang 5 jenis kayu kurang dikenal asal Kalimantan Barat. Kelimat jenis kayu tersebut yaitu kayu kumpang (Albizia sp.), bengkulung (Xanthophyllum excelsumMiq.), sawang (Santiria sp.), kempili (Lithocarpus ewyckiiKorth.), dan ubar (Syzygium sp.).

“Padahal produk kami tidak merusak lingkungan karena berasal dari limbah, tidak sama dengan produk briket arang lainnya,” tambah dia. Ketua Umum Himpunan Pengusaha Briket Arang Kelapa Indonesia, Basuki menyatakan, kapasitas produksi arang kelapa dari anggota organisasi yang dipimpinnya mencapai 7.500 ton per bulan atau bisa menghasilkan Rp 1,7 triliun rupiah per tahun. Menemukan atau membuat arang yang tepat jadi mudah saat berbelanja online dengan Alibaba.com.

Usaha pemasaran yang dilakukan oleh tim PKBL Dahana agar UMKM mampu melakukan ekspansi adalah dengan melakukan pelatihan ekspor, pemasaran digital, hingga melibatkan UMKM binaan di berbagai acara pameran tingkat internasional. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Satu usaha mikro, kecil, dan menengah binaan program kemitraan dan bina lingkungan PT Dahana kembali melakukan eksporarang ke Arab Saudi, dengan pemberangkatan ekspor kloter kedua dari Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Dicontohkan Yogi, ketidakpastian kualitas dan waktu tiba barang (sekitar 2-3 bulan) yang menyebabkan waktu dan modal kerja para mitra reseller menjadi tidak produktif lantaran harus menunggu lama barang pesanan tiba.

Untuk pembiayaan, produsen briket ini telah mendapatkan pembiayaan dari KMM sebesar Rp2,5 miliar melalui dua tahap. Yakni, pada 2020 sebesar Rp1,5 miliar dan 2021 sebesar Rp1 miliar. Dari sisi pembiayaan, pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM juga mendorong peningkatan pembiayaan koperasi sektor riil melalui LPDB-KUMKM.

Comments are closed.