10 Suggestions Mengatasi Anak Didik Jenuh Belajar Di Kelas

10 Suggestions Mengatasi Anak Didik Jenuh Belajar Di Kelas

Program tersebut mendapat respons positif dari Direktur SMK, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Dr. Ir. M. Bakrun, M.M. Ia mengatakan pihaknya terus mendorong agar anak-anak muda, khususnya SMK untuk berwirausaha. Hal itu bisa dimulai dengan hal-hal sederhana lewat kreativitas yang dimiliki, hingga akhirnya bisa punya usaha lebih besar dan mampu membuka lapangan pekerjaan baru. Kami sangat mendukung program ini karena sejalan dengan tujuan dari SMK itu sendiri, yaitu mendidik siswa untuk bisa Bekerja dan Berwirausaha. Melalui program ini kami berharap dapat melahirkan wirausahawan muda dari SMK, ucap M.

Mendidik junior, dan anak didik menjadi pribadi yuang lebih baik

Dari situlah seorang guru mulai mengetahui bagaimana karakteristik siswa-siswanya, sehingga akan lebih mudah bagi seorang guru dalam mengontrol siswa dalam melakukan proses pembelajaran. Lalu solusi ketika guru baru yang belum memiliki pengalaman, dijadikan wali kelas. Saya rasa perlu untuk meminta nasehat serta mendengarkan pengalaman-pengalaman daripada guru senior.

Jika dulu orang tua memegang kendali anak, maka seiring bergantinya jaman anak semakin pintar dan banyak orang tua yang memilih peran sebagai teman. Dalam aliran psikologi juga banyak diwacanakan pengelolaan rumah tangga yang ‘melunak’, di mana para ahli behavioristik mengusulkan penghargaan lebih baik daripada hukuman ketika ingin membentuk perilaku anak. Yang lebih parah lagi adalah ketika anak dihargai berdasarkan prestasi akademiknya. Di SMP Negeri 1 Candimulyo sendiri selain ekstrakurikuler wajib seperti pramuka terdapat juga ekstrakurilkuler BTQ, yaitu baca tulis Al-Qur’an.

Oleh karena itu, struktur organisasi pembimbingan yang mencakup penentapan tujuan program pembimbingan, strategi pembimbingan dan metode yang akan digunakan untuk mengukur keberhasilan pembimbingan perlu ditetapkan bersama antara pembimbing dan yang dibimbing sebelum pembimbingan dimulai (Megginson, dkk., 2006). Selain mengamati pada saat beberapa hari sebelum saya mengajar, saya juga akan mengamati keadaan kelas ketika saya sudah mulai mengajar. Pengamatan ini saya lakukan ketika saya sedang tidak mengajar di kelas tersebut, dan saya akan melihat sebentar melalui jendela atau pintu yang sedikit terbuka, bagaimana kondisi kelas tersebut jika sedang melakukan kegiatan belajar mengajar dengan guru lain, apakah ribut atau tenang dan kondusif. Memberi motivasi siswa agar semangat mereka tidak hilang dengan bertanya cita cita dan memberi pandangan bagaimana agar dapat mencapai cita cita tersebut. Saya juga harus perlu belajar banyak baik dari materi pembelajaran ataupun dalam materi berperilaku. Sehingga saya harus memahami apa yang harus saya persiapkan sebelum mengajar di kelas tersebut.

Segala bentuk kegiatan dilakukan demi mencapai karakter bangsa yang kokoh. Mulai dari seminar, pemberian materi karakter bangsa di materi sekolah dan perkuliahan, sosialisasi, kegiatan organisasi dan lain sebagainya. Upaya-upaya untuk memperkokoh karakter bangsa ini harus terus di lakukan, ditingkatkan dan diperluas. Namun, sebenarnya dari semua itu ada suatu kegiatan kepemudaan yang dapat berdampak besar pada masa depan dari karakter bangsa Indonesia, yaitu melalui kegiatan kepemudaan Pasukan Pengibar Bendera . Berbicara tentang karakter bangsa tentu akan menjadi sangat menarik, pasalnya saat ini persoalan karakter bangsa menjadi sorotan tajam masyarakat.

Bertujuan mengembangkan keterampilan motorik peserta didik dengan baik seperti menggunakan lengan atau kaki. Bekerjasama dengan masyarakat dan lembaga-lembaga lainnya untuk membantu memecahkan masalah siswa. Dalam beberapa kesempatan, Rosululloh memberikan jawaban yang berbeda-beda untuk pertanyaan yang sama karena penanyanya yang berbeda. Apabila pelanggaran dilakukan secara kolektif, bentuk konsekuensinya bisa seperti bersih-bersih kelas, bathroom, atau sekolah. Hukuman ini mengedukasi siswa untuk hidup tertib dan bersih, juga melatih kedisplinan. Jika pelanggaran ini terjadi, jangan langsung memotong rambut siswa saat itu juga secara asal-asalan.

Namun, dari pengalaman saya berinteraksi dengan para siswa, ternyata “peran orangtua” yang para pelajar ini suarakan di dunia maya, justru bertolak belakang dari pandangan umum masyarakat tentang hubungan supportif orangtua terhadap anak-anaknya. Khususnya dalam upaya membangun motivasi belajar dalam dunia akademis, maupun pembelajaran secara umum. Dalam hal ini guru pembina sebagai pengelola berperan dalam melakukan pembelajaran dengan mengarahkan anak didiknya untuk melakukan kegiatan belajar dalam rangka perubahan tingkah laku berupa kognitif, afektif, dan psikomotor menuju kedewasaan.

Seorang guru tidak diperkenankan untuk bertindak keras kepada peserta didiknya. Seorang guru harus melakukan pendekatan kepada peserta didiknya agar mengetahuo permasalahan apa yang terjadi kepada peserta didiknya sehingga guru dapat menemukan pemecahan masalah yang dihadapi. Selain penguatan dalam pembelajaran saya juga kan menguatkan kompetensi sosial saya agar mampu berkomunikasi dengan baik dan menghilangkan rasa canggung kepada murid-murid kelas yang saya ampu dan kepada guru-guru lain di sekolah.

Quipperian, kamu harus ingat, hal lain yang juga diperhatikan cewek dari seorang cowok adalah sifat penyayang dan perhatiannya. Cowok yang memiliki dua sifat itu pastinya mampu membuat cewek-cewek meleleh dan jatuh hati. Dengan menjadi pelawak di sekolah, tentunya junior-juniormu yang cantik nan kece akan memandangmu.

Comments are closed.